Jumat, 12 Agustus 2011

Kurikulum KTSP SMP LIK


A. Latar Belakang
Masa depan yang di dalamnya anak-anak kita akan hidup, diramalkan memiliki berbagai ciri; persaingan yang ketat; pergaulan global yang makin intens; perubahan-perubahan yang makin cepat di berbagai bidang kehidupan dengan segala permasalahannya; serta tantangan sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagaman yang lebih bermoral.

Kurikulum KTSP yang disusun oleh Departemen Pendidikan Nasional telah membawa perubahan yang sangat besar pada pengembangan pendidikan di tanah air, Indonesia. KTSP, di samping sebagai pemandu, juga sebagai inspirator kepada seluruh tenaga pendidik untuk mengembangkan kreativitas guna menghadir pola pendidikan yang benar-benar membumi, kontekstual dan aktual.

Kurikulum yang sebelumnya (sebelum tahun 2004) menekankan kepada penjelajahan materi-materi pelajaran secara berlebihan dan bersifat satu arah. Akibatnya, bukan saja proses belajar - mengajar menjadi membosankan, potensi luar - biasa kreatifitas anak - didik pun banyak yang tersia-siakan. Belum lagi timbulnya akses-akses berupa kurangnya inisiatif, kelemahan kemampuan berekspresi dan kekurangakraban anak - didik kepada lingkungannya.

Hadirnya kurikulum KTSP ini benar-benar merupakan loncatan besar akan perubahan pendidikan di Indonesia pada masa-masa mendatang.

Didukung oleh personel-personel yang berpengalaman, berwawasan dan berdedikasi tinggi terhadap perkembangan dunia pendidikan, SMP Lazuardi Insan Kamil yang berada dibawah LPAB (Lembaga Pencerdasan Anak Bangsa) menawarkan sebuah alternatif pendidikan dasar di Indonesia yang tentu tetap mengacu pada visi dan misi yang diamanahkan oleh insitusi pendidikan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar